Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Rahasia Bank

Pengertian Rahasia Bank

Apa Pengertian Rahasia Bank Secara Umum?

Pengertian rahasia bank adalah semua yang berhubungan dengan informasi dari nasabah. Prinsip rahasia bank ini muncul karena tujuan melindungi hak pribadi miliki nasabah bank agar terjamin kerahasiaannya yang menyangkut mengenai keadaan ekonomisnya dan juga data pribadi dari nasabah.

Kerahasiaan yang diberikan oleh banyak ini sangat penting untuk bank itu sendiri, pasalnya apabila bank mampu menjaga kerahasiaan data informasi nasabah maka bank tersebut akan semakin terpercaya oleh banyak orang. Oleh sebab itu, kerahasiaan bank ini menjadi tolak ukur para nasabah apakah bank tersebut dapat dipercaya atau tidak.

Pengertian rahasia bank adalah semua hal yang berhubungan dengan nasabah baik itu penyimpanan dan simpanannya atau investasi dan investornya. Bank yang memiliki ikatan afiliasi wajib menyembunyikan atau merahasiakan informasi yang berhubungan dengan nasabah baik itu nasabah penyimpanan dan simpanannya atau juga nasabah investor atau investasinya.

Ada beberapa hal yang membuat bank harus memberikan informasi rahasia nasabahnya. Untuk sebuah kasus penyidikan pidana perpajakan, maka pemimpin bank Indonesia atas perintah atau permintaan dari menteri keuangan yang berhak mengeluarkan pernyataan tertulis kepada pihak bank untuk memberikan informasi keterangan dan juga mempertunjukan bukti secara tertulis mengenai informasi keuangan nasabah investor atau nasabah penyimpanan kepada pihak pejabat pajak.

Perintah yang diberikan harus mencantumkan nama dari pejabat pajak, nama dari nasabah wajib pajak, dan juga kasus yang dialami nasabah wajib pajak.

Pengertian rahasia bank adalah terjaganya informasi nasabah, akan tetapi informasi tersebut dapat juga menjadi tidak rahasia. Pihak bank juga dapat memberikan informasi nasabahnya kepada pihak bank dengan proses tukar menukar informasi antar bank.

Dengan adanya pertukaran informasi antar bank ini direksi bank dapat memberikan informasi mengenai keadaan perekonomian dari nasabah yang diinginkan bank lain. Dalam tukar menukar informasi antar bank sudah diatur dalam peraturan bank Indonesia jadi tidak dapat asal sembarang melakukan pertukaran informasi nasabah.

Masih ada beberapa hal lainnya yang dapat membuat informasi yang berhubungan dengan nasabah penyimpanan atau nasabah investor bukan lagi merupakan rahasia bank dan pihak bank wajib dan harus memberikan informasi dengan benar.

Posting Komentar untuk "Pengertian Rahasia Bank"