Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Cost Serta Ciri dan Karakteristiknya

Pengertian Cost

Pengertian Cost

Dalam bidang keuangan dan akuntansi, cost merupakan alat yang digunakan untuk mengukur dan mengolah bahan. Pengertian cost ada banyak, namun umumnya disepakati sebagai penyedia informasi finansial yang kuantitatif. Untuk membantu Anda mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap, berikut merupakan karakteristik dari cost.

Karakteristik cost pertama adalah sebagai alat pengukur, khususnya dalam unit moneter suatu sumber ekonomi. Nantinya ia akan digunakan untuk tujuan tertentu yang telah dipersiapkan sebelumnya. Dalam konteks akuntansi, ia juga digunakan untuk pengorbanan, dimana ia dijadikan sumber keluarnya ekonomi dari usaha yang dikembangkan 

Cost juga merupakan alat pengukur secara kuantitatif yang dikorbankan dalam unit moneter, baik untuk pengelolaan pajak, pengembangan usaha perusahaan, maupun pembelian sarana dan prasarana. Walaupun begitu, sumber ekonomi yang hendak dikeluarkan pun harus sudah terukur dengan cost.

Karakteristik kedua adalah cost sebagai alat ukur penggunaan sumber ekonomi yang digunakan oleh unit moneter tertentu. Proses pengukuran ini cukup penting, sebab ia menjadi penyedia informasi yang valid guna menentukan berbagai jenis dan jumlah sumber ekonomi yang digunakan oleh suatu perusahaan atau unit moneter. 

Karena pengertian cost juga terhitung sebagai pengetahuan kuantitatif, maka ia juga digunakan untuk informasi finansial. Umumnya dalam akuntansi, semua faktor harus dikuantifikasi, sehingga dapat diukur penggunaannya. Inilah alasan kenapa cost disebut sebagai alat pengukur. 

Karakteristik cost yang terakhir adalah penghubungannya dengan objek, tujuan, ataupun fokus tertentu. Lebih dikenal sebagai cost object, ia bisa berbentuk proyek, produk, ataupun aktivitas tertentu, misalnya dalam pengelolaan pajak. Sehingga unsur pembentuknya dapat diukur secara moneter. Tujuan penting untuk di identifikasi karena pengukuran yang dilakukan akan berbeda antara satu dengan yang lain. 

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian cost dan tiga karakteristik pentingnya. Secara fisik dan operasional, perusahaan merupakan kumpulan ekonomi, sehingga penting untuk melakukan perencanaan cost. Hal ini dimaksudkan agar hubungan antara komponen seluruh perusahaan dapat dilihat dengan baik dari berbagai aspek, sehingga masing-masingnya dapat bekerja dan beroperasi sesuai dengan tujuan bersama. 

Posting Komentar untuk "Pengertian Cost Serta Ciri dan Karakteristiknya"