Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Daerah Pabean dan Contohnya di Indonesia

Pengertian Daerah Pabean

Pengertian Daerah Pabean

Pengertian daerah pabean adalah wilayah yang masuk dalam lingkup Republik Indonesia, baik zona perairan, darat, maupun ruang yang ada di atasnya. Tempat-tempat tertentu, seperti zona ekslusif dan landas kontinen juga termasuk dalam daerah pabean, khususnya wilayah yang di dalamnya belaku UU mengenai Kepabean tahun 1995. 

Agar lebih jelas penjelasan mengenai daerah pabean, Anda juga harus mengetahui zona ekonomi eksklusif dan landas kontinen. ZEE atau zona ekonomi ekslusif merupakan daerah di luar laut dan teritori Indonesia, baik berupa dasar lautnya maupun air yang berada di atasnya. Batas maksimalnya adalah 200 mil dari garis pangkal wilayah laut Indonesia. 

Sedangkan landas kontinen adalah daerah yang berada di luar teritori laut Indonesia, baik di bagian dasarnya ataupun kelanjutan alamiah dari daratan tersebut. Batasnya adalah 300 mil hingga batas terluar kontinen dari garis pangkal wilayah teritori Indonesia. Berikut merupakan contoh daerah pabean yang ada di Indonesia, antara lain:

a. Perdagangan Internasional

Tanda dari perdagangan yang dilakukan secara internasional adalah kegiatan ekspor dan impor serta aktivitas pajak yang dilakukan. 

Keluar masuk barang di suatu negara juga tidak bisa dilakukan dengan mudah, sebab regulasinya cukup ketat agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

b. Tempat Pengeboran Minyak Lepas Pantai

Karena pengertian daerah pabean adalah aktivitas di teritori Indonesia, maka pengeboran minyak lepas pantai merupakan contoh yang tepat. Walaupun dilakukan di lepas pantai, namun ia tetap berada di wilayah Indonesia dan mengikuti aturan-aturannya. 

Terdapat beberapa dokumen pabean yang harus Anda miliki jika hendak melakukan pemeriksaan, bisanya pemeriksaan dilakukan oleh pejabat bea cukai sebagai kelengkapan administrasi, diantaranya packing list, surat keterangan yang dimiliki, serta berbagai dokumen tambahan seperti pajak, transportasi, hingga invoice. 

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian daerah pabean dan contohnya yang ada di Indonesia. Ada banyak tujuan dari aktivitas yang dilakukan di wilayah pabean, utamanya untuk menjaga agar tidak ada aktivitas ilegal yang tidak sesuai dengan aturan yang ada di Indonesia. 

Posting Komentar untuk "Pengertian Daerah Pabean dan Contohnya di Indonesia"