Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pajak Penghasilan Badan

Pengertian Pajak Penghasilan Badan yang Perlu Diketahui

Pengertian Pajak Penghasilan Badan yang Perlu Diketahui

Masih banyak masyarakat yang masih belum mengetahui pengertian pajak penghasilan badan. Pajak penghasilan badan atau biasa disingkat dengan PPh badan adalah pajak yang dikenakan pada penghasilan yang diperoleh subjek pajak badan dalam suatu tahun pajak.

PPh badan diatur dalam UU No. 7 tahun 1983 tentang PPh badan, UU No. 36 tahun 2008 yang berisi tentang revisi dari UU sebelumnya, dan PP No. 46 tahun 2013 tentang PPh atas usaha yang memberikan penghasilan pada wajib pajak.

Subjek PPh badan merupakan badan usaha yang memiliki kewajiban dalam melunasi pajak yang dikenakan. Subjek dari PPh badan diharuskan untuk membayar pajak apabila memperoleh penghasilan. Apabila subjek tidak memperoleh penghasilan maka tidak perlu membayar pajak.

Subjek PPh badan yang mendapatkan penghasilan disebut wajib PPh badan. Terdapat banyak sekali komponen lain yang perlu dipelajari selain pengertian pajak penghasilan badan terutama bagi Anda yang menjadi wajib PPh badan.

Terdapat beberapa jenis PPh badan yang harus dibayar seperti pajak penghasilan pasal 15 yang berkaitan dengan norma perhitungan khusus yang ditujukan kepada golongan tertentu.

Kemudian terdapat pajak penghasilan pasal 21 yang dikenakan pada upah, tunjangan, honor, bentuk-bentuk pembayaran lainnya dan pajak penghasilan pasal 22 yang dikenakan apabila Anda melakukan impor atau membeli barang mewah.

Selain itu terdapat pajak penghasilan pasal 23 yang dikenakan pada bunga, royalti, dividen, sewa, dan pendapatan lainnya yang berkaitan dengan penggunaan aset selain bangunan dan tanah. Lalu ada juga pajak penghasilan pasal 25 tentang angsuran pajak.

Wajib PPh badan juga wajib memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Anda juga perlu memperhatikan tahun pajak yang perhitungannya mirip dengan tahun buku yang dihitung dari 1 Januari hingga 31 Desember.

Tahun pajak dapat berubah bila Anda melakukan pengajuan perubahan pada pihak yang berwenang. Sangat penting bagi Anda untuk mempelajari pengetahuan dasar tentang pajak seperti pengertian pajak penghasilan badan. Dengan mempelajari dan membayar pajak sesuai ketentuan maka Anda sudah bisa disebut warga negara yang patuh akan hukum. 

Posting Komentar untuk "Pengertian Pajak Penghasilan Badan"