Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Prinsip Syariah yang Harus Dipahami

Pengertian Prinsip Syariah Harus Dipahami dengan Baik

Pengertian Prinsip Syariah

Pengertian prinsip syariah yaitu sebuah pegangan atau pedoman yang didasarkan atas hukum dan aturan Islam dalam pelaksanaan suatu hal berdasarkan atas fatwa dari pihak yang mempunyai wewenang dalam bidang syariah.

Prinsip syariah diterapkan pada berbagai bidang, termasuk dalam bidang ekonomi. Sehingga dalam pelaksanaannya selalu memperhatikan apakah kegiatan ekonomi yang dilakukan telah sesuai syariat Islam atau belum. 

Dalam usaha membantu keberlangsungan kegiatan ekonomi supaya tetap dapat menjalankan prinsip syariah, telah tersedia berbagai jenis lembaga keuangan. Beberapa lembaga keuangan yang tersebar di berbagai daerah diantaranya BMT, Bank Syariah, Unit Usaha Syariah, dan BPR Syariah. 

Kegiatan ekonomi dalam pengertian prinsip syariah akan memiliki karakteristik yang berbeda dengan kegiatan ekonomi yang konvensional. Akan tetapi, dalam hal kebijakan perpajakan, baik kegiatan ekonomi dengan prinsip syariah maupun konvensional akan ditetapkan kesetaraan dalam hal pajak penghasilan. 

Hal ini dilakukan karena jika terdapat ketidaksetaraan di antara keduanya bisa menimbulkan beberapa hal yang tidak diinginkan. Misalnya bisa saja terjadi perbedaan perlakuan perpajakan pada industri dengan jenis yang sama. Hal tersebut akan terasa berada pada sisi salah satu pihak.

Selain itu, perbedaan perlakuan tersebut juga dapat menyebabkan beberapa perusahaan kesulitan untuk menjalankan usahanya, ketika ketentuan pajak yang berlaku tidak sesuai dengan prinsip usaha yang dijalankan. Oleh karena itu, penyetaraan ini cukup penting untuk dilakukan. 

Dalam hal perlakuan PPh pada kegiatan usaha yang menggunakan prinsip syariah diantaranya yaitu biaya, penghasilan, dan pemotongan atau pemungutan pajak. Biaya yang dimaksud dari kegiatan usaha tersebut berupa margin, hak bagi hasil milik pihak ketiga, dan kerugian atas adanya bagi hasil.

Sedangkan pemotongan atau pemungutan pajak diberlakukan kepada margin, bonus, hak bagi hasil milik pihak ketiga, dan hasil lain sejenis yang menggunakan prinsip syariah. 

Pengertian prinsip syariah harus dipahami dengan baik oleh para pelaku ekonomi yang ingin dan sedang menjalankan prinsip syariah.

Sebab, jika terdapat beberapa hal yang tidak sesuai, maka akan menghilangkan esensi dari makna syariah itu sendiri. Sehingga kegiatan ekonomi yang dilakukan sama seperti menggunakan cara konvensional. 

Posting Komentar untuk "Pengertian Prinsip Syariah yang Harus Dipahami"